E-mail: info@uki.ac.id | Call: +021-8092425  

Mahasiswa Fakultas Vokasi UKI dapat Pengetahuan dan Skills dari Praktik Lapangan di Masa Pandemi

Fakultas Vokasi UKI menggelar kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kerjasama antara Fakultas Vokasi UKI dengan Mitra Kerjasama Lahan Praktik, yang diselenggarakan secara online dan offline di Kampus UKI Cawang, Rabu (10/2/2021).

“Fakultas Vokasi UKI hadir untuk menjawab kebutuhan akan sumber daya manusia yang terampil dan profesional sesuai perkembangan Ipteks dan tuntutan kebutuhan dunia usaha dan industry,“ ujar Dekan Fakultas Vokasi UKI, Maksimus Bisa Lado Purab, SSt.Ft., SKM., M.Fis, dalam pernyataan resminya, Kamis (11/2/2021).

Fakultas Vokasi UKI melibatkan praktisi dari dunia usaha dan industri (DUDI) dalam proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Prodi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI bekerja sama dengan beberapa Rumah Sakit salah satunya RSPAD Gatot Soebroto Jakarta.

Kasie Diklitbang Instalasi Rehabilitasi Medik RSPAD Gatot Soebroto, Sarikun Wira, menjelaskan bahwa kerja sama antara UKI dan RSPAD sudah lama terjalin untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Prodi Fisioterapi UKI.

“Mahasiswa yang akan mengikuti praktik komprehensif, harus membawa hasil Rapid Test dan membekali diri dengan Alat Pelindung Diri,” ujarnya.

Selama masa pandemi, Akademisi Fisioterapi UKI juga aktif melakukan sosialisasi virtual dalam bidang fisioterapi traumatologi dan olahraga kepada masyarakat, bekerja sama dengan masyarakat di Kelurahan Cawang sebagai daerah binaan Fakultas Vokasi UKI selama ini.

 

Prodi Keperawatan Fakultas Vokasi UKI turut serta menangani permasalahan kesehatan di masa pandemi. Prodi Keperawatan UKI bekerja sama dengan institusi lainnya, aktif melakukan seminar online yang mengedukasi masyarakat, salah satunya Mengenal Kegawatdaruratan Maternal Menjelang Persalinan di Masa Pandemi Covid 19.

 

Erita Sitorus, Ners., M.Kep. selaku Ketua Program Studi Keperawatan Fakultas Vokasi UKI menambahkan, kurikulum khusus sudah diantisipasi Prodi Keperawatan melalui beberapa kebijakan untuk pencapaian kompetensi dengan tetap mempertimbangkan keselamatan mahasiswa dan keselamatan masyarakat, serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

 

“Bahkan Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPViKI) pusat sudah menerbitkan atau menyusun Pedoman dan pencapaian kompetensi di masa Pandemi Covid-19,” jelas Erita Sitorus.

Dengan meningkatnya kebutuhan perawat di saat pandemi Covid 19 ini, diakui Erita memang banyak permintaan Rumah Sakit (RS) yang menjadi rujukan, dan Prodi Keperawatan tetap ikut berpartisipasi membantu pemerintah.

Mahasiswa Prodi keperawatan di samping Praktik Klinik di  RS UKI, juga di sejumlah rumah sakit lain  yang telah bekerja sama dengan Prodi.

Salah satu syarat dari Praktik Klinik ini  adalah melakukan swab antigen, jika hasilnya positif tidak diperkenankan mengikuti kegiatan tersebut. Biaya pemeriksaan swab ini sudah dimasukkan sebagai biaya praktik klinik.

“Kami menerapkan pembelajaran e-learning, dan melatih soft skill serta kemampuan leadership, bekerjasama dengan institusi luar negeri untuk pengiriman perawat. Dosen dan mahasiswa juga aktif mengikuti kegiatan seminar internasional Keperawatan,” ujar Erita Sitorus, Ners., M.Kep.

Mahasiswa mempelajari bahasa Inggris dan bahasa Jepang untuk meningkatkan kompetensi diri mereka. Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berbasis teknologi dan dipublikasikan pada jurnal nasional dan internasional bereputasi.

Selain itu Prodi Perbankan dan Keuangan Fakultas Vokasi UKI, menyiapkan kurikulum yang berkolaborasi dengan dunia industri dan asosiasi milik industri untuk mengetahui kebutuhan industri.

“Kami menyiapkan laboratorium Bank Mini UKI agar mampu mengikuti perkembangan digitalisasi perbankan yang semakin cepat. Program Studi Jenjang Diploma Tiga di Fakultas Vokasi UKI sedang dalam proses menjadi Sarjana Terapan,” kata Ketua Program Studi Perbankan dan Keuangan, Fery Tobing, S.E., M.M

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Kerjasama antara Fakultas Vokasi UKI dengan Lahan Praktik ini dihadiri oleh Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, SH., MBA, Wakil Rektor UKI bidang Kerjasama dan SDM, Dr. rer.pol. Ied Veda R. Sitepu, M.Si dan pimpinan/perwakilan institusi-institusi yang bekerja sama dengan Fakultas Vokasi UKI, baik dari lahan praktik sebagai tempat mahasiswa praktik/magang maupun institusi pendidikan lain yang selama ini sebagai mitra dalam pengembangan  tridarma. (*)

 

Sumber Wartakota Live

Hak Cipta © Universitas Kristen Indonesia