Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI Menyelenggarakan PkM dengan judul “Sosialisasi PMK 112 tentang Perubahan NPWP Menggunakan NIK”

Majalahgahuru.com - Program Studi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia (UKI) menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 112 tentang Perubahan NPWP menggunakan NIK” dengan menghadirkan narasumber dari Direktorat Jenderal Pajak Kanwil Pajak Jakarta Timur berlangsung di Lantai 2, Kampus UKI Cawang, Jakarta Timur, pada Kamis, 24/11/2022.

Acara dihadiri sekitar lima puluh warga dari Kelurahan Cawang dan mahasiswa dimoderatori oleh Drs. Jisman M. Lubis, MM., CFP., CRGP.,ANZIIF., AAAIK yang juga Dosen Fakultas Vokasi UKI sekaligus Ketua PkM UKI. Jisman dalam sambutannya mengatakan bahwa pajak merupakan iuran wajib masyarakat yang berpenghasilan yang disetorkan kepada negara dan kembali kepada masyarakat untuk kesejahteraan masyarakat. Fakultas Vokasi UKI ikut mendukung program pemerintah sadar pajak, Karena Masyarakat Taat Pajak, Indonesia akan kuat.

Dalam paparannya, Adrianus Erwien Setyasmoko, S.ST, M.Tax dari Direktorat Jenderal Pajak Kanwil Jakarta Timur mengawali dengan menjelaskan latar belakang PMK 112 tentang NPWP bagi Wajib Pajak Orang Pribadi, Wajib Pajak Badan, dan Wajib Pajak Instansi Pemerintah.

Mengacu pada UU Baru yakni UU No. 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Pajak (HPP). Menurutnya, ada tiga tujuan kebijakan PMK 112. Pertama, untuk memberikan keadilan dan kepastian hukum dalam penggunaan NPWP sehubungan ketentuan penggunaan NIK sebagai NPWP bagi Wajib Pajak Orang Pribadi. Kedua, untuk memberi kesetaraan serta mewujudkan administrasi perpajakan yang efektif dan efisien. Ketiga, untuk mendukung kebijakan satu data Indonesia.

“Jadi ada perubahan format NPWP yakni NPWP Orang Pribadi Penduduk 15 digit dari NIK 16 digit yang ada,” paparnya. Sementara untuk NPWP Badan, Instansi Pemerintah, Orang Pribadi Bukan Penduduk menggunakan 16 digit. Juga untuk NPWP Cabang dengan Nomor Identitas Tempat Kegiatan Usaha (NITKU).

Adapun masa Transisi NPWP Orang Pribadi Penduduk yang sejak 14 Juli 2022 kemudian terhitung mulai 1 Januari 2024 akan berlaku Wajip Pajak yang baru dengan menggunakan NIK.

“Wajib Pajak sebelumnya terlebih dulu melakukan perubahan dan pemadanan data seperti laman DJP, Contact Center, KPP Terdaftar dan saluran lainnya,” terang alumni STAN ini.

Yang terpenting, kata Adrianus, perlu menyesuaikan perubahan data yang tercantum di Direktorat Pajak dengan data Kependudukan Catatan Sipil. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan layanan pemadanan NPWP lama/NPWP Cabang lama dengan NPWP baru/NITKU secara elektronik.

Selain itu, sambungnya mengingatkan, bagi wajib pajak yang telah berhenti bekerja maka segera melaporkan ke kantor pajak untuk mengajukan menjadi wajib pajak pasif, dengan demikian tidak akan dikenakan sanksi. Dalam UU yang baru yakni UU No 7 Tahun 2021 yang tidak kena pajak pribadi penghasilan 4.5 juta perbulan. Dalam usaha pendapatan bruto di bawah 500 juta tidak dikenakan pajak.

Pada saat sesi tanya jawab, peserta warga kelurahan Cawang, aktif dan antusias bertanya kepada pembicara untuk mengetahui seluk beluk perpajakan. Setidaknya dibuka tiga sesi dengan masing-masing tiga penanya. Menarik, untuk tiga penanya terbaik diberikan hadiah.

Sebelumnya Edwin Tampubolon., SE MM. selaku Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan Cawang Jakarta Timur dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Fakultas Vokasi UKI atas partisipasi nya memberikan edukasi khususnya kepada masyarakat Cawang terkait peraturan Menkeu No.112/PMK.03/2022 tersebut “Kiranya, materi-materi yang disampaikan bisa diteruskan ke masyarakat lainnya. Dengan demikian mengerti manfaat penggunaan pajak,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Dekan Fakultas Vokasi UKI, Maksimus Bisa Lado Purab, S.K.M., Sst.Ft., M.Fis menyampaikan terimakasih atas kehadiran warga kelurahan Cawang. Salah satu fungsi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah Pengabdian Kepada Masyarakat, UKI akan selalu bermitra dengan kelurahan Cawang.

“Kegiatan seperti ini rutin dilakukan UKI, terutama kolaborasi dosen dan masyarakat. Kali ini Sosialisasi Pajak. Ke depan Fakultas Vokasi akan memfasilitasi pengisian SPT elektronik,” ujarnya. Sosialisasi Pajak ini dihadiri juga Rudy Sondang Sinaga, S.Pd., S.E., M.M., selaku Ketua Program Studi Manajemen Pajak UKI.

Share this Post

DAFTAR BEASISWA E-Journal ID | EN