Launching Program Sarjana Terapan Prodi Fisioterapi dan Program Sarjana Terapan Prodi Analisis Keuangan Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia

 

Fakultas Vokasi Universitas Kristen Indonesia (UKI) membuka dua program sarjana terapan. Kedua program studi itu adalah Program Studi Fisioterapi dan Program Studi Analisis Keuangan. 
 
"Kedua program itu sudah mendapat izin dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi," kata Rektor UKI, Dhaniswara K Harjono, melalui keterangan tertulis, Kamis, 21 April 2022.
 
Sejak 2018, UKI menggagas Fakultas Vokasi dengan empat program studi. Fakultas Vokasi ini dihadirkan untuk memberi banyak kesempatan masyarakat belajar di bidang vokasi. Hal ini juga sejalan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Fakultas Vokasi UKI menghasilkan SDM yang siap tempur," kata Dhaniswara.
 
Dekan Fakultas Vokasi UKI, Maksimus Bisa Lado Purab, memaparkan mahasiswa program studi sarjana terapan akan semakin siap dengan perkembangan dinamis dunia kerja. Di fakultas ini akan diperbanyak praktikum dan pemahaman terkait penelusuran artikel ilmiah yang mendukung kegiatan praktikum. 
 
"Kurikulum mencakup 30-40 persen teori dan 60-70 persen praktik. Ketika lulus, mahasiswa Fakultas Vokasi UKI juga siap bekerja karena kami bekerja sama dengan dunia usaha, dunia industri, dan pemerintah," kata Maksimus.
 
Ketua Program Studi Sarjana Terapan Fisioterapi, Fakultas Vokasi UKI, Lucky Anggiat, memaparkan program studi ini akan fokus pada fisioterapi olahraga dan terapi latihan. "Dasar dari keilmuan ini adalah tentang gerak dan fungsi gerak dalam seluruh aktivitas fungsional manusia sehari-hari serta kaitannya dengan olahraga,” kata Lucky.
 
Masa studi di program studi ini adalah empat tahun. Dengan begitu, mahasiswa memiliki waktu untuk menambah soft skill. Para mahasiswa di program studi ini juga bisa langsung melanjutkan ke jenjang pendidikan magister atau ke profesi.
 
"Kami bekerja sama dengan rumah sakit negeri di daerah (RSUD) atau Rumah Sakit Rujukan Nasional seperti Rumah Sakit PON dan klinik olahraga, kata dia.

Sedangkan Progam Studi Sarjana Terapan Analisis Keuangan Fakultas Vokasi UKI akan menitikberatkan pada penyediaan sumber daya manusia yang ahli dalam analisis keuangan.
 
"Kami ingin menciptakan lulusan yang kompeten dan andal di bidang perbankan dan keuangan sebagai analis keuangan. Tak hanya paham akan dasar-dasar perbankan dan keuangan, namun juga menguasai teknologi,” ujar Kepala Program Studi Analisis Keuangan Program Sarjana Terapan, Fery Tobing.

Kurikulum Prodi Sarjana Terapan Analisis Keuangan menganut asas dan sifat fleksibel dalam arti terbuka atas transfer kredit antarprogram studi. Baik antarprogram studi di lingkungan UKI maupun program studi sejenis dari luar UKI pada jenis program studi dan jenjang yang sama.
 
Sarjana Terapan Analisis Keuangan melakukan penyesuaian pada Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Karakteristik kurikulum Prodi Sarjana Terapan Analisis Keuangan berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, profesi bankir, dan selalu adaptif terhadap kebutuhan pengguna lulusan, dan kebutuhan masyarakat.

Share this Post

DAFTAR BEASISWA E-Journal ID | EN