Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI Melaksankan Pendampingan Pengisian E-SPT Orang Pribadi pada PT. BPR Bantoru Perintis

Depok, MajalahGAHARU. Com  – Dalam rangka perwujudan Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI menyelenggarakan pendampingan pengisian E-SPT Orang Pribadi pada PT. BPR Bantoru Perintis, Depok Jawa Barat, bertempat di kantor PT BPR Bantoru Perintis, Jalan Proklamasi, Sukmajaya Depok, 15/02/2022.

Kegiatan dihadiri segenap direksi dan komisaris PT. BPR Bantoru Perintis Depok dan seluruh karyawan. Tampak hadir Direktur Utama Linda Pardede, Direktur Kepatutan Khairul, Edi Kristiawan dan Lavenia (keduanya Komisaris).

Sementara materi disampaikan Drs. Jisman M. Lubis, MM., CFP., CRGP., ANZIIF., AAAIK dan pandampingan dilakukan oleh tim dari Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI.

“Kegiatan ini bagian dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat sebagai salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi dalam bentuk literasi dan pendampingan bagaimana pengisian E-SPT kepada direksi dan karyawan PT. BPR Bantoru Perintis,” papar dosen Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI.

Ia menjelaskan Kode 1770 SS adalah SPT Tahunan Wajib Pajak Orang/Pribadi penghasilan tahunan kurang dari 60 juta rupiah. Berikutnya, Kode 1770 S adalah SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi penghasilan lebih dari 60 juta rupiah lebih dari satu sumber. Sementara Kode 1770 untuk wajib pajak yang memiliki pekerjaan bebas/ pengusaha.

Menurutnya kepatuhan mengurus dan membayar pajak sangat penting, selain untuk pembiayaan pembangunan juga menjadi penting syarat untuk diangkat menjadi pejabat negara.

“Kalau tidak lapor, nanti menjadi masalah kalau akan diangkat pejabat negara, karena syarat minimal laporan pajak 3 tahun terakhir,” ujarnya mengingatkan.

Jisman M. Lubis juga menjelaskan bahwa terkait laporan pengisian masih sering keliru terutama berkaitan dengan kepemilikan properti, kendaraan, rumah, tanah, penghasilan dan lainnya.

“Jadi yang dilaporkan itu, harga saat dibeli bukan harga NJOP berlaku saat dilaporkan. Sering orang mengisi NJOP patokan saat itu sehingga kerap terjadi pajak terhutang,” kata pria yang pernah menjabat Kepala Bank Mandiri Banjarmasin ini.

Ditemui diakhir acara Jisman mengatakan acara ini adalah merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. UKI sendiri wajib melakukan ketiga hal ini. Acara ini bagian dari pengabdian kepada masyarakat.

“Yang kami lakukan adalah literasi bagaimana cara pengisian SPT tahunan yang diwajibkan Direktorat Pajak dimana seluruh masyarakat Indonesia yang berpenghasilan wajib mengisi SPT,” ujar Jisman.

“Gunanya acara ini agar mereka paham bagaimana cara pengisian SPT sesuai dengan keinginan pemerintah. Kemudian supaya lebih cepat dengan menggunakan E-Filing kalau dulu dilakukan manual. Apalagi paling lambat 31 Maret laporan SPT pribadi harus masuk,” tukasnya sembari mengungkapkan apresiasi kepada PT. BPR Bantoru Perintis karena seluruh karyawan dan direksi ikut serta.

UKI sudah bekerja sama dengan Kepala Kantor Direktorat Pajak Jakarta Timur untuk sosialisasi pengisian pajak, khususnya untuk wilayah Jabodetabek. “Kita sudah kerja sama, kita disuport kepala Kanwil,” imbuhnya.

Kedepan penting diketahui, kata pria yang menyelesaian pendidikan pasca sarjana di Amerika ini, akan ada penyatuan dari Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Karena itu diharapkan masyarakat selain sadar pajak, juga konsisten membayar pajak untuk menambah pendapatan negara dari pajak. Sebab 80 % penerimaan APBN berasal dari pendapatan pajak.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama PT. BPR Bantoru Perintas Linda Pardede menyampaikan terimakasih kepada Tim Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI untuk memberikan literasi dan pendampingan bagaimana pengisian E-SPT yang benar dan tepat.

“Kami senang sekali dan tentu terimakasih kepada Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI yang melakukan literasi dan pendampingan. Saya berharap kepada teman-teman dan karyawan di sini, bisa mendapat pengetahuan lewat materi yang berkaitan dengan SPT pribadi. Acara ini sangat bermanfaat bagi kami,” ujarnya.

Senada dengan itu, Komisaris Utama PT BPR. Bantoru Perintis Edi Kristiawan mengungkapkan bahwa kegiatan ini bermanfaat bagi pengetahuan tentang perpajakan bagi seluruh karyawan dan berharap kerjasama ke depan tetap bisa terjalin dan berkelanjutan.
Pengisian E-SPT ini diikuti dengan antusias oleh seluruh karyawan PT. BPR Bantoru Perintis sekitar 25 orang dan dibantu Tim Pendamping dari Prodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI. Salah satunya, Joko Hariyadhi yang langsung mengisi E-SPT sebagai wajib pajak pribadi.

“Bagi saya acara penting dan bermanfaat. Selama ini kita sebagai karyawan kurang perhatian masalah pajak karena menyerahkan urusan pajak ke kantor. Dengan paparan dan praktek pengisian E-SPT sendiri sangat bermanfaat karena kita bisa mengecek sendiri pajak pribadi secara online,” tutur Joko Hariyadhi yang sehari-hari menjabat kepala unit PT. BPR Bantoru Perintis.

Share this Post

DAFTAR BEASISWA E-Journal ID | EN