PEDULI PAJAK SPT TAHUNAN, UKI GANDENG DJP JAKARTA TIMUR ADAKAN TAX CORNER BIMBINGAN KEPADA WARGA UNTUK LAPOR PAJAK

Jakarta, RPKFM – Universitas Kristen Indonesia (UKI) melalui Program Studi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI, dengan Tax Center UKI, bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Timur, mengadakan kegiatan Tax Corner pengisian e-SPT orang pribadi, untuk seluruh dosen, karyawan UKI hingga warga masyarakat yang berada Kelurahan Cawang Jakarta Timur, di Lab Komputer Dasar, Lantai 2, Gedung A-B, UKI, Jakarta Timur, Selasa (21/03/2023).

Hadir dalam acara ini Dr. Juaniva Sidharta, S.E., M.Si (Wakil Rektor UKI bidang Keuangan dan Pemasaran), dan Sugeng Satoto (Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat – KaBid P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Timur). “Kegiatan hari ini adalah sebagai bukti ketaatan kita sebagai warganegara, sesuai amanat Undang-undang dalam melaporkan penghasilan sesui PPH 21. UKI adalah salah satu universitas yang mengedukasi sivitas akademika-nya sebagai pelapor pajak yang taat. Edukasi masyarakat harus dimulai dari diri kita. Mari kita bekali kejujuran pelaporan pajak, sebagai bukti tanggung jawab kepada negara,” kata Dr. Juaniva Sidharta dalam sambutannya.

Dr. Juaniva Sidharta menyatakan bahwa kegiatan ini diadakan sebagai wujud tanggung jawab bersama sebagai warganegara, juga aplikasi dari nilai-nilai UKI sebagai kampus unggul, yang harus bisa dirasakan oleh bangsa dan negara. “Salah satu nilai UKI adalah menanamkan intgeritas sebagai civitas akademika dan harapannya warga yang hadir bisa mengaplikasikan itu dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam pelaporan SPT tahunan. Kami berharap UKI sebagai Kampus Unggul bisa dirasakan oleh warga sekitar juga bangsa dan negara, sehingga mereka bisa merasakan bahwa orang-orang yang ada di UKI adalah pribadi Unggul, sehingga kita layak menyandang Kampus Unggul. Salah satunya juga adalah sikap bertanggung jawab dan berintegritas, Hal yang sederhana salah satunya yaitu pelaporan e-SPT dengan jujur,” kata Dr. Juaniva Sidharta.

 

Sementara itu dalam sambutannya, KaBid P2 Humas Kanwil DJP Jakarta Timur Sugeng Satoto mengapresiasi UKI dan bentuk kerjasamanya yang telah menggelar kegiatan konstruktif untuk ikut membantu DJP dan juga warga masyarakat sekitar dalam pelaporan pajak e-SPT tahunan. “Ini dalam rangka menunaikan tugas bersama sebagai warga negara, yaitu melaporkan SPT setiap tahunnya. Terimakasih kepada UKI atas kerja sama ini, yang tentu mempunyai manfaat yang luar biasa. Terutama bagi DJP, dimana target penerimaan pajak tahun ini sebesar Rp 1.718 triliun rupiah bisa tercapai, membutuhkan dukungan dari semua pihak, agar hasil akhirnya nanti dapat kita rasakan bersama untuk pembangunan negara, pelayanan dan kesejahteraan masyarakat bersama,” ungkap Sugeng.

Sugeng Satoto turut menambahkan bahwa pelaporan pajak SPT tahunan ini sangat penting bagi berjalannya roda pembangunan di Indonesia. Untuk itu peran masyarakat terutama civitas akademika seperti kerjasama dengan UKI melalui Tax Center-nya sangat membantu dalam upaya mewujudkan target tersebut. “Harapan kami dengan gencarnya laporan SPT tahunan ini, kepatuhan meningkat, sehingga tujuan utama target penerimaan pajak tahun ini bisa tercapai. Kalau ini tercapai, tentu kami dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat secara maksimal, sehingga mensejahterakan masyarakat. Modal utama pembangunan adalah dari pajak, dan uang itu didistribusikan ke pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk pembangunan fasilitas bagi masyarakat luas,” pungkasnya.

Sugeng menambahkan bahwa pihaknya terus bekerja keras dengan cara yang kreatif dan kekinian untuk memudahkan masyarakat melaksanakan kewajibannya membayar pajak, melalui setiap program-program dan fasilitas-fasilitas yang dekat kepada masyarakat. “Kami terjun langsung melakukan sosialisasi sampai tingkat kelurahan dengan membuka Pojok Pajak di tempat yang dibutuhkan masyarakat, misalkan di kelurahan dan Pusat perbelanjaan, yang harapannya masyarakat bisa mengetahui batas pajak orang pribadi adalah 31 Maret 2023, sehingga bisa segera melaporkan dan kami siap membantu.”

“Saat ini cara lapor pajak sudah sangat mudah, prosesnya digital, kita bisa mengisi sendiri. Kalau dulu kita datang antre ke KPP, sekarang bisa melakukan sendiri. Tetapi memang kalau masih ada warga yang bingung, ayo silahkan datang ke KPP terdekat atau pojok-pojok pajak yang ada di Jakarta ini, pasti kita akan membantu,” tutupnya.

Kegiatan Tax Corner pengisian e-SPT ini dihadiri oleh Kaprodi Manajemen Pajak Fakultas Vokasi UKI, Rudy Sondang Sinaga, S.Pd., S.E., M.M., beserta dosen dan mahasiswa.

Masyarakat, dosen, karyawan dan mahasiswa menyambut antusias pelaksanaan kegiatan yang dibuka sejak pukul 10 pagi hingga ditutup sore hari pukul 16.00, dengan didampingi dan dibantu langsung oleh Tax Corner UKI dan juga para instruktur dari DJP Jakarta Timur

Share this Post

DAFTAR BEASISWA E-Journal ID | EN