Fakultas Vokasi UKI Kerja Sama dengan PT OS Selnajaya Indonesia, Siapkan Lulusan Bekerja di Jepang

Jakarta – Program Studi Keperawatan dan Program Studi Fisioterapi Fakultas Vokasi UKI menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT. OS Selnajaya Indonesia untuk memberikan peluang magang dan persiapan pelatihan kerja di Jepang bagi lulusan Fakultas Vokasi UKI.

Perjanjian kerja sama ditandatangani langsung oleh Section Head Recruitment PT OS. Selnajaya Indonesia, Syasyanna beserta Kaprodi Keperawatan, Erita Sitorus, Ners., M.Kep dan Kaprodi Fisioterapi, Program Sarjana Terapan Fakultas Vokasi UKI, Lucky Panjaitan, S.Tr.Ft., M. Physio yang diwakili oleh Weeke Budhyanti, M. Biomed, pada tanggal 17 April 2023 di Ruang Seminar UKI Cawang.

Di hadapan mahasiwa Fakultas Vokasi, Wakil Rektor UKI bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr.rer.pol. Ied Veda Sitepu, S.S., M.A., memotivasi lulusan Fakultas Vokasi UKI untuk bekerja di Jepang. “UKI  unggul di bidang tri dharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, pengabdian kepada masyarakat dan penelitian. Dan selain itu kami membuktikan bahwa lulusan UKI  menjadi lulusan yang unggul, tangguh dan dapat bekerja dimanapun dirinya ditempatkan. Melalui kerja sama ini, Fakultas Vokasi UKI berkesempatan menempatkan lulusannya di luar negeri. Maka diperlukan pula kompetensi komunikasi dalam bahasa Jepang yang baik, skill keperawatan lansia, dan kemampuan beradaptasi di lingkungan baru,” ujar Doktor Ied Veda Sitepu.

Fakultas Vokasi UKI memfasilitasi mahasiswa di semester akhir dengan pembelajaran bahasa dan budaya Jepang sehingga lulusan siap bekerja di luar negeri. Saat ini Fakultas Vokasi UKI juga sedang pembentukan Program Studi Pendidikan Profesi Ners dengan keunggulan Gerontik. 

Menurut Section Head Recruitment PT OS. Selnajaya Indonesia, Syasyanna, di negara Jepang caregiver sangat dibutuhkan karena jumlah lansia yang lebih banyak dari anak muda. Kurangnya tenaga kerja untuk merawat lansia merupakan kesempatan bagi tenaga kerja dari Indonesia.  Kebutuhan perawat diperuntukkan bagi perawatan lansia karena angka harapan hidup yang tinggi bagi masyarakat Jepang khususnya terhadap para lansia.

“Lansia di Jepang menyukai orang Indonesia yang sabar dan ramah. Caregiver merupakan cabang dari ilmu keperawatan (gerontik) yang mampu memberikan kebutuhan dasar manusia dan pemenuhan kebutuhan sosial dan spiritual. Seorang caregiver membutuhkan skill komunikasi yang cukup baik yang akan ditempatkan di panti lansia Jepang, “ ujar Syasyanna.

PT OS Selnajaya Indonesia memberikan pelatihan skill dan kemampuan bahasa Jepang yang dibutuhkan sebelum berangkat ke Jepang. “Kami juga mempersiapkan dokumen perizinan untuk berangkat ke Jepang dan membimbing selama di Jepang hingga kembali ke Indonesia,” tambah Syasyanna

Syarat utama untuk berangkat ke Jepang adalah lulus ujian kemampuan bahasa Jepang level N4 (basic) – level N3 (intermediate), lulus interview user dan lulus medical check up. Syarat lainnya adalah lulusan keperawatan, kebidanan, fisioterapi dan jurusan umum lainnya, berusia 19 – 30 tahun, tidak bertato, tidak bertindik dan berjenggot bagi laki-laki.

“Lulusan dapat mengikuti pelatihan bahasa Jepang selama satu tahun di lembaga kami dan jika berhasil mencapai kemampuan bahasa Jepang level N3 akan mendapatkan beasiswa potongan biaya pelatihan dan biaya ujian kemampuan bahasa Jepang,” terang Syasyanna.

Kegiatan dihadiri Dekan Fakultas Vokasi UKI, Dr. Maksimus Bisa Lado Purab, SKM., SSt.Ft., M.Fis beserta jajaran pimpinan Fakultas Vokasi UKI, dosen dan mahasiswa.

Share this Post

DAFTAR BEASISWA E-Journal ID | EN